Senin, 11 Mei 2015

Quantum Learning - Kekuatan AMBAK ( Apa Manfaatnya BagiKu )

AMBAK ( Apa Manfaatnya BagiKu ) adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat - akibat suatu keputusan.

Tujuan mempelajari AMBAK adalah untuk :
  • Belajar bagimana membuat diri kita termotivasi untuk mencapai tujuan kita.
  • Mengetahui langkah - langkah untuk menumbuhkan minat dalam segala sesuatu.
  • Mengetahui tentang seluk - beluk belajar aktif.
  • Meningkatkan kualitas hidup.
 Sebelum melakukan sesuatu dalam hidup, pasti kita akan bertanya terlebih dahulu pada diri kita "Apa Manfaatnya BagiKu?" Mulai dari pekerjaan sehari - hari yang paling sederhana hingga monumental yang mengubah hidup, segala sesuatu yang dilakukan harus menjanjikan manfaat pribadi atau Kita tidak mempunyai motivasi untuk melakukannya. 

Misalnya, Anda bangun di pagi Minggu dan berdebat mengenai manfaat pergi ke klub olahraga untuk berlatih. Inilah perdebatan yang terjadi dalam diri Anda. "Hmm... aku bisa tetap berada di tempat tidur yang nyaman ini sejam lagi, atau aku dapat segera bangun dan berpakaian, serta berolahraga. Hari Minggu adalah hari satu-satunya hari ketika aku bisa tidur berlama - lama, tetapi ini juga satu - satunya hari ketika aku bisa berolahraga".

Jika Anda bangkit dari tempat tidur, berarti Anda telah melihat manfaatnya dan melakukannya bagi diri Anda. Namun, katakanlah waktu itu Anda bukannya langsung bangkit, tetapi masih merasa ragu dan perdebatan dalam diri Anda berlangsung.

"Akan tetapi, berolahraga memakan waktu dua jam, sedangkan tidur hanya akan menghabiskan waktu satu jam. Jadi, kalau aku memilih tidur, aku akan mempunyai lebih banyak waktu untuk yang lain - lainnya".

Dalam hal ini, Anda melihat manfaat yang berbeda dari hal yang kedua. Apakah itu masuk akal atau tidak, apakah itu lebih baik atau tidak bagi Anda, yang penting alternatif yang Anda pilih. Anda pun mengalami proses ini pada tingkat yang lebih dalam ketika Anda memutuskan apakah Anda akan mengadakan peerubahan dalam pekerjaan, kembali ke sekolah, dsb. 

Kadang - kadang AMBAK sangat jelas dalam benak Anda, dan di lain waktu Anda harus mencarinya, atau bahkan menemukannya begitu saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar