Jumat, 08 Mei 2015

Proaktif - Virus Jadi Korban

Ada orang yang terkena virus jadi korban, yang disebut "Jadi Korban". Mungkin teman-teman pernah melihatnya. Orang yang terinfeksi virus ini percaya bahwa semua orang dan dunia ini hutang sama mereka. padahal tidak sma sekali. Mark Twin menjelaskan: " Jangan bilang dunia hutang sama kamu. Dunia tidak hutang apa-apa sama kamu. Dunia sudah ada duluan kok sebelum kamu". 

Selain merasa jadi korban, orang yang reaktif:
  • Mudah tersinggung.
  • Cenderung menyalahkan orang lain.
  • Cepat marah dan cenderung mengucapkan kata - kata yang belakangan mereka sesali. 
  • Cenderung merengek dan mengeluh.
  • Menunggu segalanya erjadi kepada mereka. 
  • Berubah hanya kalau perlu.
Jangan menganggap kesalahan orang lainlah yang membuat kamu juga melakukan kesalahan. Kamu akan mampu menghadapi permasalahan sendiri tanpa menyalahkan orang lain. Orang yang proaktif tidak akan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang diperbuatnya.

Misalnya, saat kamu berdua dengan temanmu pergi ke sebuah tempat rekreasi. Tapi, sebelum pergi kamu sudah diingatkan oleh ibumu agar menyelesaikan pekerjaan rumah terlebih dahulu. Memang kamu yang mungkin pemalas, kamu tidak menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut. Kamu malah memilih untuk menyelesaikannya setelah kamu dan temanmu pulang dari tempat rekereasi.

Akan tetapi, ternyata ibumu marah saat kamu sudah pulang, karena sebenarnya pekerjaan rumahmu belum kamu selesaikan. Tetapi kamu malah menelfon temanmu, dan mengatakan bahwa dia yang bersalah, kenapa dia mengajakmu pergi ke tempat rekreasi.

Jika kamu memiliki sikap proaktif, kamu akan mengakui kesalahan dan kelalaianmu, bukannya menyalahkan temanmu yang telah mengajakmu pergi. Dan kamu akan menanggapi dengan positif amarah dari ibumu. Karena wajar saja dia marah, karena amanatnya tidak kamu kerjakan. Segeralah akui kesalahan dan minta maaf kepada ibumu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar